Jurnal Keperawatan Florence Nightingale
Vol 3 No 1 (2020)

Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Komunikasi Terapeutik Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Lela

Gabriel Mane' (Akademi Keperawatan St. Elisabeth Lela, Maumere)
Sania Natalia Dhana (Akademi Keperawatan St. Elisabeth Lela, Maumere)
Sisilia Imelda Welem (Akademi Keperawatan St. Elisabeth Lela, Maumere)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2020

Abstract

Komunikasi adalah bagian integral dalam kehidupan manusia dan mencirikan keberadaan manusia sebagai makhluk sosial. Setiap orang pasti membangun relasi dan komunikasi dengan sesama di sekitarnya, termasuk para medis yang menangani para pasien. Komunikasi dalam dunia medis disebut komunikasi terapeutik yaitu suatu proses komunikasi dengan tujuan untuk membina hubungan perawat dan pasien guna memperoleh kesembuahn. Komunikasi terapeutik yang baik memerlukan keterampilan perawat dalam berkomunikasi dan melakukan asuhan keperawatan melalui 4 tahap yaitu prainteraksi, orentasi, kerja dan terminasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu dengan mengumpulkan data. Adapun sampel yang digunakan adalah sampling tunggal dengan menggunakan teknik sampling aksidental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 12 dari 23 pasien puas (52%) terhadap penerapan komunikasi terapeutik pada tahap prainteraksi dan orientasi, 15 orang (65%) merasa sangat puas pada tahap kerja atau interaksi dan 12 orang (52%) merasa puas pada tahap terminasi. Kepuasan pasien terhadap penerapan komunikasi terpeutik oleh Perawat di ruang rawat inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Lela adalah 79,47% kategori Puas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JKFN

Publisher

Subject

Nursing

Description

Jurnal Keperawatan Florence Nightingale (JKFN) merupakan jurnal ilmiah di bidang ilmu keperawatan yang dikelola oleh para dosen dan praktisi yang berasal dari berbagai background perguruan tinggi di Indonesia. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale (JKFN) telah terbit secara online pertama kali ...