Pattingalloang : Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan
Vol. 8, No. 2 Agustus 2021

Strategi Guru Dalam Pembelajaran Sejarah Kontroversial di Masa Pembelajaran Daring

Sabily Farhan (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana pembelajaran sejarah kontroversial di sekolah, untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan pembelajaran sejarah kontroversial di masa pembelajaran daring, untuk menganalisis strategi yang tepat dalam memberikan pembelajaran sejarah kontroversial secara daring. Hal ini penting untuk dibahas karena urgensi sejarah kontroversial bagi generasi muda agar dapat bepikir kritis dan kreatif dalam menyikapi suatu peristiwa sejarah ataupun kebijakan-kebijakan lain. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Studi pustaka dengan memanfaatkan berbagai macam sumber yang kemudian dianalisis untuk dijadikan sebagai hasil penelitian ini. Setelah dilakukan analisis, ditemukan beberapa hasil pembahasan yaitu Sejarah kontroversial sendiri memiliki banyak kelebihan apabila dipelajari dengan baik dalam kelas seperti akan meningkatkan pola pikir kritis, serta kreatif dan mampu meningkatkan rasa toleransi bagi para pembelajarnya, Guru berperan penting dalam menyampaikan pembelajaran sejarah kontroversial ini sehingga ada sikap dan prinsip yang dipegang guru dalam mengajarkan sejarah kontroversial ini. Pada masa pandemi, pembelajaran diharuskan beralih ke sistem daring yang menyulitkan para guru untuk mengajarkan materi kepada peserta didiknya. Berbagai macam kendala menghampiri guru selama pembelajaran daring. Maka dari itu, diperlukan beberapa strategi baru untuk mengatasi hal ini yaitu metode debat dan juga metode investigasi dan diskusi kelompok secara daring melalui fitur video conference. Diharapkan dengan metode metode tersebut dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran sejarah kontroversial ini di kala pembelajaran daring.

Copyrights © 2021