Pembelajaran geometri sangat membutuhkan penalaran dasar, seperti halnya kemampuan berpikir kritis  serta kemampuan abstraksi yang logis. Pada dasarnya, materi geometri  akan efektif dirasakan oleh siswa dibandingkan dengan bagian-bagian lain dari matematika. Hal ini dikarenakan ide-ide esensial matematika telah diketahui oleh siswa sejak sebelum mereka memasuki jenjang sekolah, misalnya titik, garis, dan lain-lain. Bagaimanapun, kemampuan siswa untuk memahami materi geometri sangat rendah sehingga siswa kurang siap untuk menangani masalah geometri. Berpikir kreatif  adalah tindakan psikologis yang menciptakan pemikiran dan pemahaman baru yang tidak pernah dikenal dan dan melihat berbagai macam jawaban terhadap satu soal. Teori  Van Hiele adalah teori  tentang tingkat berpikir siswa dalam mempelajari geometri  di mana siswa tidak dapat naik ke tingkat yang lebih tinggi tanpa melewati tingkat di bawahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis berpikir kreatif siswa salam menyelesaikan soal geometri berdasarkan tingkat berpikir Van Hiele. Subjek Penelitian adalah 3 siswa kelas VIII SMP Unggulan NU Mojoagung tahun Pelajaran 2020/2021 yaitu masing-masing 1 siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah,  selain itu peneliti  mengambil masing-masing subjek berdasarkan  pada kemampuan berkomunikasi secara  verbal dan kemampuan menulis . Data yang digunakan adalah hasil PAS murni, wawancara  dan tes. Metode  yang digunakan dalam ujian ini adalah wawancara  dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan berkemampuan  tinggi, sedang dan rendah rendah mampu berada  pada level deduksi  informal , namun pada tahap perpikir kreatif  dapat disimpulkan tidak semua siswa berkemampuan matematika rendah tidak mampu melampaui tahap berpikir deduksi informal dan fleksibilitas, , ini bisa jadi karena berbagai pengalaman siswa yang  beragam dalam menyelesaikan soal  dan tingkat konsentrasi siswa saat menjawab pertanyaan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021