Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran daring ditinjau dari kemandirian belajar. Jenis penelitian adalah penelitian kuatitatif dengan subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri Dungus 1. Subjek terdiri dari 3 peserta didik kelas VI yaitu peserta didik tingkat kemandirian belajar tinggi, peserta didik tingkat kemandirian belajar sedang, dan peserta didik tingkat kemandirian belajar rendah yang di tes kemampuan komunikasi matematisnya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar, tes kemampuan komunikasi matematis, dan pedoman wawancara kemampuan komunikasi matematis. Hasil analisis penelitian menyatakan bahwa subjek dengan tingkat kemandirian tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis secara lisan maupun tulis, subjek dengan tingkat kemandirian sedang mampu memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis secara lisan maupun tulis, dan subjek dengan tingkat kemandirian rendah mampu memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis secara lisan maupun tulis
Copyrights © 2021