Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan mengajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP PGRI Jombang sebelum memahami konsep sepuluh keterampilan dasar mengajar. Lesson study merupakan model yang digunakan untuk bimbingan mengajar bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pembelajaran Mikro karena dalam model ini dikembangkan kerja kolaboratif, kolegial dan saling menguntungkan dalam belajar (mutual learning). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dasar mengajar mahasiswa Prodi pendidikan Bahasa Indonesia STKIP PGRI Jombang dengan menerapkan Lesson Study. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sumber data penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pembelajaran Mikro. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi penilaian keterampilan dasar mengajar dari Pusbangdik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan mengajar mahasiswa praktikum pada siklus II (dari siklus I 51,78 menjadi 73,86 in siklus kedua). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengajar mahasiswa praktikum Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP PGRI Jombang dengan menerapkan model lesson study.
Copyrights © 2021