Prosiding Conference on Research and Community Services
Vol 3, No 1 (2021): Third Prosiding Conference on Research and Community Services

ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SEKUENSIAL KONKRET DAN ACAK KONKRET DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA

Rochaini, E’en (Unknown)
Maarif, Safiil (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2021

Abstract

Representasi merupakan salah satu dari lima standar proses pembelajaran matematika menurut NCTM. Representasi juga termuat secara implisit dalam tujuan pembelajaran matematika di Indonesia. Pada umumnya, setiap siswa memiliki cara dan proses berpikir yang berbeda dalam merepresentasikan suatu masalah. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi siswa dalam merepresentasikan sebuah soal ataupun masalah adalah gaya berpikir siswa. Jadi representasi matematika dan gaya berpikir siswa saling berkaitan dan mempengaruhi satu sama lain.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematika siswa yang memiliki gaya berpikir Sekuensial Konkret, dan Acak Konkret. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa subjek dengan gaya berpikir sekuensial konket memiliki kemampuan representasi verbal dan representasi simbol. Sedangkan subjek dengan gaya berpikir acak konkret memiliki kemampuan representasi dengan perpaduan antara ketiga jenis representasi yaitu representasi verbal, representasi visual dan representasi simbol.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CORCYS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

CORCYS merupakan konferensi tahunan bersifat nasional yang diadakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STKIP PGRI Jombang yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk prosiding. Fokus artikel hasil penelitian dan ...