Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 3, No 1 (2022)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Pajak Pada Siswa Kelas XI AKL 1 Di SMK Negeri Kebasen

Hesti Nur Pratiwi (SMK NEGERI KEBASEN)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan Hasil Belajar Administrasi Pajak pada kompetensi menganalisis data pembuatan SPT pajak penghasilan (PPh) pasal 21 dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XI AKL 1 SMK Negeri Kebasen, (2) Mengetahui persepsi Siswa Kelas XI AKL 1 SMK Negeri Kebasen terhadap penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran Administrasi pajak pada kompetensi menganalisis data pembuatan SPT pajak penghasilan (PPh) pasal 21.Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 1 SMK  Negeri Kebasen yang terdiri dari 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes, angket, dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, dokumentasi tes dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Pajak Siswa pada Kompetensi menganalisis data pembuatan SPT pajak penghasilan (PPh) pasal 21, terbukti dari nilai rata-rata hasil belajar Administrasi Pajak pada siklus I nilai rata-rata sebesar 66, 89 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 47 %. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 75,26 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 53% dan untuk siklus 3 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 100 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 100% dengan demikian peningkatan    nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 8,37 dan kenaikan siklus II ke siklus III adalah 24,74 , dan kenaikan persentase KKM dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 27%, kenaikan siklus II ke siklus III sebesar 47% (2) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran Administrasi Pajak kompetensi           menganalisis data pembuatan SPT pajak penghasilan (PPh) pasal 21 mendapatkan respon yang positif dari siswa kelas XI AKL 1 SMK Negeri Kebasen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Kompetensi menganalisis data pembuatan SPT pajak penghasilan (PPh) pasal 21 dapat meningkatkan hasil Belajar Administrasi Pajak Siswa Kelas XI AKL 1 SMK Negeri Kebasen. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...