Journal Mathematics Education Sigma [JMES]
Vol 2, No 2 (2021): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA

PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP SOFT SILL MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS FKIP UMSU

Feri Haryati (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh pendekatan open ended terhadap kemampuan  soft skill mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester satu  pendidikan matematika UMSU tahun ajaran 2017/2018, dengan menggunakan dua kelas yang telah ditentukan. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan open ended, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa angket soft skill, lembar observasi dan pedoman interview. Kesimpulan diambil berdasarkan hasil pengolahan dan analasis data menggunakan uji T-test dengan bantuan program Microsoft Excel dan program SPSS 17. Hasil yang  diperoleh bahwa  soft skill mahasiswa lebih baik dari kelas konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan open ended berpengaruh terhadap dan soft skill mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmes

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Fokus dari Journal Mathematics Education Sigma (JMES) ini: Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Matematika Pengembangan Penelitian Dalam Pendidikan Matematika ICT Dalam Pendidikan ...