Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan LKS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping materi kubus dan balok, untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap LKS yang dikembangkan. Metode dalam penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiono. Ada 7 tahap dalam pengembangan ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk dan revisi produk. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan ahli Bahasa untuk mengetahui kelayakan produk, dan diberikan kepada siswa dan guru untuk mengetahui kemenarikan produk yang dikembangkan. Berdasarkan Analisa data yang diperoleh dari ahli materi, ahli media dan ahli Bahasa dinyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak untuk digunakan, dan dianalisis data yang diperoleh dari siswa dan guru dinyatakan bahwa LKS yang dikembangkan sangat menarik. Hal ini berarti LKS yang dikembangkan oleh peneliti dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa dan guru SMP Kelas VIII.
Copyrights © 2021