Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2020): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMENCAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 10 PALEMBANG

Dian Apriani (universitas tamansiswa palembang)
Shumini Shumini (Alumni FKIP Universitas Tamansiswa Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih saangat rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian PISAmenunjukan kemampuan penyelesian masalah matematis siswa Indonesia memperoleh skor 371 dan merupakan peringkat ke 61 dari 65 negara peserta. Berdasarkan permasalah tersebut diperlukan pembelajaran matematika yang inovatif yang dapat membantu siswa menguasai langka-langka pemecahan masalah dan memotivasi siswa untuk mencari tahu sendiri konsep-konsep yang dibutuhkan dalam pemecahan masalah. Salah satumetode yang digunaakan adalah metode discovery learnig. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasVIII SMP Negeri 10 Palembangtahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dua belas kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dan terpilih kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik daripada kelas control. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung sebesar 9,205404. Kesimpulan yang diperoleh adalah ada perbedaan hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada maeri prisma dan limas yang diajar dengan metode discovery learning dan metode ekspositori.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...