Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 3 (2022)

Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bermuatan STEAM Terhadap Karakter Kreatif dan Kemandirian

Dina Amalia (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
Joko Sutarto (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2021

Abstract

Pandemi covid-19 berdampak pada bidang pendidikan. Pendidikan yang semula dengan metode tatap muka, kini diubah menjadi pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran yang sesuai saat pembelajaran jarak jauh yaitu pembelajaran bermuatan STEAM. Karena muatan STEAM merupakan isu penting dalam pendidikan saat ini, sehingga karakter kreatif dan kemandirian anak dapat diintegrasikan melalui pembelajaran bermuatan STEAM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh bermuatan STEAM terhadap karakter kreatif dan kemandirian anak dibeberapa PAUD di Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Hasil penelitian ini yaitu pembelajaran jarak jauh bermuatan STEAM yang merupakan keterbaruan dari hasil integrasi STEM dengan tambahan Art dapat berpengaruh terhadap karakter kreatif dan kemandirian. Berdasarkan pernyataan permasalahan penelitian, dirumuskan pertanyaan bagaimana pengaruh pembelajaran jarak jauh bermuatan STEAM terhadap karakter kreatif dan kemandirian anak. Dampak dari penelitian pembelajaran jarak jauh bermuatan STEAM berupa pengembangan sikap kreatif dan kemandirian yang dapat diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...