Educator : Directory of Elementary Education Journal
Vol. 1 No. 2 (2020): EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL)

IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAM MELALUI INTENSITAS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI SDN 3 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Nurhamidin, Yuli Rahmawati (Unknown)
Buhungo, Ruwiah A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penanaman nilai-nilai karakter islam melalui kegiatan ekstrakurikuler di SDN 3 Limboto, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam implementasi penanaman nilai-nilai karakter islam di SDN 3 Limboto, serta untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan psikologi, edukatif, dan agama. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui empat tahap, yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang di peroleh adalah nilai-nilai karakter yang di tanamkan pada diri siswa di SDN 3 Limboto yaitu, a) Nilai tauhid, b) Nilai akhlak dan c) Nilai ibadah, penanaman nilai-nilai karakter islam melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dilaksanakan di SDN 3 Limboto adalah a) Kegiatan perayaan hari besar agama, b) Kegiatan baca tulis Al-Quran, dan c) Zikir bersama. Kendala yang dihadapi dalam implementasi penanaman nilai-nilai karakter islam melalui kegiatan ekstrakurikuler di SDN 3 Limboto, a) Kesulitan guru menerapkan disiplin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, b) Terbatasnya waktu dari orang tua untuk mengadakan pertemuan dengan guru. Adapun saran dalam penelitian ini adalah, salah satu kegiatan guru yang perlu di perhatikan dengan baik adalah kemampuannya mendesain dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang memudahkan siswa memahami dan mempraktekan nilai-nilai karakter Islam. Guru dan kepala sekolah hendaknya bekerjasama dengan orang tua dalam mendorong siswa mengikuit kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Sehingga dengan demikian efektifitas dan efesiensi pencapaian tujuan lebih dapat di pertanggung jawabkan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

educator

Publisher

Subject

Arts Education Mathematics Physics Social Sciences

Description

EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Imu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo yang menerbitkan hasil-hasil studi dan penelitian dari berbagai aspek ...