Jurnal Abdimas Bina Bangsa
Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Abdimas Bina Bangsa

PENGENALAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK DI SD NEGERI 002 SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA

hani subakti (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)
Eka Selvi Handayani (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)
Anisa Anindi Muslimah (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)
Sella Shinta (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)
Dodi Alfayed (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2020

Abstract

Pengenalan model mind mapping dalam pembelajaran menulis cerita pendek di SD Negeri 002 Sungai Pinang Kota Samarinda ditujukan untuk memberikan pemahaman yang memudahkan siswa dalam menulis cerita pendek. Ini dilakukan atas dasar bahwa sebagian siswa masih mengalami kesulitan di dalam menulis cerita pendek. Siswa-siswa tersebut kesulitan dalam menuliskan kerangka karangan, mengembangkan ide gagasan, hingga menyusun unsur-unsur yang terdapat di dalam cerita pendek. Untuk mengatasi itu semua siswa SD Negeri 002 Sungai Pinang Kota Samarinda perlu diberikan pemahaman lebih mendalam. Pemahaman terhadap menulis cerita pendek diberikan dengan mengenalkan model mind mapping. Model mind mapping sendiri merupakan cara atau teknik yang dapat memudahkan siswa di dalam menulis cerita pendek. Mind mapping dapat dijadikan solusi alternatif dalam pembelajaran menulis cerita pendek dengan harapan siswa lebih cepat dan mudah dalam menulis cerita pendek. Ini semua dapat terlaksana dikarenakan siswa di SD Negeri 002 Sungai Pinang Kota Samarinda dapat membuat urutan unsur-unsur menulis cerita pendek dengan menggambarkan terlebih dahulu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik ke dalam gambar-gambar yang menarik. Jika semua tahapan tersebut terlaksana dengan baik dapat dipastikan akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 002 Sungai Pinang Kota Samarinda. Hasil penilaian dari uji validasi ahli juga menunjukan nilai 90 dengan kesimpulan pengenalan model mind mapping dalam pembelajaran menulis cerita pendek sangat baik. Sementara itu hasil penilaian teman sejawat menunjukan nilai 91 dengan kesimpulan dalam pembelajaran menulis cerita pendek sangat baik. Dengan demikian proses pengenalan model mind mapping dalam pembelajaran menulis cerita pendek di SD Negeri 002 Sungai Pinang Kota Samarinda telah dilaksanakan dengan sangat baik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jabb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Abdimas Bina Bangsa (JABB) teregistrasi dengan nomor p-ISSN: 2722-936X dan e-ISSN: 2722-9394. Merupakan Jurnal yang berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi bidang Pengabdian kepada Masyarakat yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) Universitas Bina ...