Teknologi digital berkembang begitu cepat dan terus merubah kebiasaan manusia dalam menyelesaikan permasalahannya dalam berbagai bidang. Begitu juga dalam bidang pendidikan, semakin banyak pendidikan di luar sekolah secara online yang mampu memberikan solusi yang bermanfaat dan kreatif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam menunjang proses belajar. Badan Akreditasi Nasional sebagai pelaksana akreditasi di Indonesia telah melakukan banyak hal dalam melakukan pengembangan dalam proses penilaian sebuah lembaga pendidikan sesuai dengan standar penilaian akreditasi. Nilai ujian nasional juga terkadang menjadi ukuran keberhasilan sebuah institusi pendidikan. Namun dengan hadirnya perkembangan revolusi industri 4.0, dalam bidang pendidikan juga ikut mempengaruhi publik untuk menilai suatu institusi pendidikan dengan cara baru. Perangkingan sebuah lembaga pendidikan memasuki era baru dengan hadirnya penilaian publik dalam aplikasi tertentu dan memiliki fitur ulasan online yang memudahkan masyarakat dalam menentukan penilaian lembaga publik di suatu daerah. Kehadiran fitur tersebut semakin memudahkan dan mendorong berbagai pihak untuk terus mengembangkan diri dengan cara baru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara nilai akreditasi sekolah dan nilai ujian nasional dengan ulasan online, dengan fokus pada sekolah di Aceh sebagai studi kasus serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja sekolah dalam menghadapi penilaian publik dalam bentuk ulasan online seiring dengan perkembangan revolusi industri 4.0. Untuk membangun sistem penilaian publik yang baik terhadap sekolah, kita perlu melakukan pengembangan pada Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar PTK, Standar Sarpras, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan dan Standar Penilaian sesuai dengan prinsip akreditasi sekolah sehingga terus meningkatkan partisipasi dan penilaian ulasan online untuk seluruh sekolah di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang sangat erat antara nilai akreditasi sekolah, nilai ujian nasional dan ulasan online. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah harus segera berbenah sebelum memperoleh ulasan yang kurang baik dari publik, sebuah institusi pendidikan akan dinilai oleh publik secara langsung tanpa dijembatani oleh organisasi tertentu seperti sebelumnya, masyarakat dapat langsung mengakses setiap informasi secara mendetail tentang sebuah institusi dalam bidang pendidikan maupun bidang lainnya. Sebuah masukan publik menjadi masukan yang sangat berarti untuk sebuah institusi disamping proses akreditasi yang juga harus terus dilakukan dengan kualitas yang semakin baik.
Copyrights © 2019