Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi belajar ekonomi, gender dan lingkungan pondok pesantren (Sunan Pandanaran) terhadap perilaku belajar ekonomi siswa di kelas baik secara simultan maupun parsial. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS Putra dan siswi kelas XII IPS Putri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket/kuesioner. Variabel dependen pada penelitian ini yaitu perilaku belajar ekonomi siswa di kelas. Variabel independennya yaitu motivasi belajar ekonomi, gender dan lingkungan pondok pesantren (Sunan Pandanaran). Hasil uji hipotesis simultan menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi belajar ekonomi, gender dan lingkungan pondok pesantren (Sunan Pandanaran) terhadap perilaku belajar ekonomi siswa di kelas. Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi belajar ekonomi terhadap perilaku belajar ekonomi siswa di kelas, ada pengaruh gender terhadap perilaku belajar ekonomi siswa di kelas dan ada pengaurh lingkungan pondok pesantren (Sunan Pandanaran) terhadap perilaku belajar ekonomi siswa di kelas. Simpulan dari penelitian ini yaitu motivasi belajar ekonomi, gender dan lingkungan pondok pesantren (Sunan Pandanaran) berpengaruh terhadap perilaku belajar ekonomi siswa di kelas baik secara simultan maupun secara parsial. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini seperti minat terhadap mata pelajaran ekonomi dan dukungan orang tua yang secara parsial maupun simultan dapat berpengaruh terhadap perilaku belajar ekonomi siswa di kelas.This study aimed to examine the effect of learning motivation economic, gender and environmental Boarding Sunan Pandanaran the behavior of students in the classroom studying economics either simultaneously or partially. Population and sample in this research were students of class XII IPS grader son and daughter XII IPS. Data collection method in this research using questionnaires / questionnaire. The dependent variable in this research is studying economics student behavior in the classroom. Independent variables namely motivation to learn economics, gender and environment Sunan Pandanaran boarding school. Conclusions from this research that the motivation to learn economics, gender and environment Boarding Sunan Pandanaran studying economics affect the behavior of students in the classroom either simultaneously or partially. For further research is expected to use other variables that are not used in this study as subjects of interest in the economy and support parents who are partially or simultaneously may affect the economic behavior of student learning in the classroom
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015