At Turots: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 3 No 1 (2021): At-Turots: Jurnal Pendidikan Islam

KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK IDEAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIST

Budiman (Unknown)
Syaiful Anam (Unknown)
Firmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Peserta didik sebagai manusia yang dilahirkan ke dunia telah mempunyai berbagai potensi yang harus senantiasa ditumbuhkembangkan oleh guru secara optimal dan terpadu melalui proses pendidikan. Disamping melalui proses pendidikan, berbagai potensi peserta didik juga bisa tumbuh melalui peran dari orang tuanya maupun lingkungan di sekitarnya. Dasar pemikiran tersebut menjadi alasan yang diharapkan dari peserta didik agar mampu mengembangkan karakter pada dirinya. Sedangkan karakter diri pada mereka selalu dipengaruhi oleh faktor-faktor internal (dari di dalam) dan eksternal (luar dirinya). Dalam pendidikan Islam, faktor-faktor tersebut secara sinergisitas dan terpadu mempengaruhi keberhasilan proses pendidikan. Pada aktivitas pendididikan tersebut, baik pendidikan umum maupun pendidikan yang berbasis Islam, pada umumnya memiliki sumber-sumber norma sebagai landasan berpijak. Pendidikan Islam memiliki landasan utama sebagai aktivitas normatif, yaitu bersumber pada al-Qur’an dan Hadits. Karakteristik peserta didik yang ideal dalam perspektif al-Qur’an dan Hadits dapat dilihat dari sifat mereka, yaitu niat karena Allah, sabar, ikhlas, jujur, tawadhu’, qana’ah, toleran, tha’at, tawakkal, khauf dan raja, dan syukur.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

at-turots

Publisher

Subject

Religion

Description

Articles to be received and published in the At-Turots : Jurnal Pendidikan Islam are included in the scope of: Education Science. The Islamic Education Science. Educational Psychology. Learning Psychology. Educational Philosophy. Islamic Educational Philosophy. Lesson Plan. Lesson Design. Lesson ...