Economic Education Analysis Journal
Vol 8 No 1 (2019): Economic Education Analysis Journal

PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM DAN EFIKASI DIRI MELALUI MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA

Sa’adah, Lailatus (Unknown)
Mahmud, Amir (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan instagram, efikasi diri, dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha baik secara langsung maupun melalui motivasi berwirausaha. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi di PTN se-Kota Semarang angkatan 2015 sejumlah 1.892. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 330 mahasiswa dengan menggunakan teknik sampel insidental. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada pengaruh positif penggunaan instagram terhadap minat berwirausaha (2) ada pengaruh positif efikasi diri terhadap minat berwirausaha (3) ada pengaruh positif motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha (4) ada pengaruh positif penggunaan instagram terhadap motivasi berwirausaha (5) ada pengaruh positif efikasi diri terhadap motivasi berwirausaha (6) ada pengaruh positif penggunaan instagram terhadap minat berwirausaha melalui motivasi berwirausaha (7) ada pengaruh positif efikasi diri terhadap minat berwirausaha melalui motivasi berwirausaha. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan instagram, efikasi diri, dan motivasi berwirausaha berpengaruh terhadap minat berwirausaha baik secara langsung maupun melalui motivasi berwirausaha.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...