Economic Education Analysis Journal
Vol 8 No 1 (2019): Economic Education Analysis Journal

PENGARUH LITERASI TERHADAP KEPERCAYAAN MUZAKI PADA LEMBAGA PENGELOLA ZAKAT DENGAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Istikhomah, Dwi (Unknown)
Asrori, Asrori (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh literasi muzaki, terhadap kepercayaan lembaga pengelola zakat dengan akuntabilitas organisasi pengelola zakat dan transparansi pelaporan keuangan sebagai variabel intervening ( studi kasus zakat mal perniagaan di Kabupaten Rembang). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh muzaki zakat mal perniagaan di Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah respondennya sebanyak 64. Sampel dalam penelitian ini yaitu muzaki zakat mal perniagaan yang membayarkan zakatnya di lembaga pengelola zakat. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi muzaki mempunyai pengaruh positif terhadap kepercayaan lembaga pengelola zakat, sedangkan akuntabilitas organisasi pengelola zakat mempunyai pengaruh negatif terhadap kepercayaan lembaga pengelola zakat, dan tranparansi pelaporan keuangan berpengaruh positif terhadap kepercayaan lembaga pengelola zakat. Hasil pengaruh mediasi menunjukkan bahwa literasi muzaki berpengaruh terhadap kepercayaan lembaga pengelola zakat melalui akuntabilitas organisasi pengelola zakat, dan literasi muzaki berpengaruh terhadap kepercayaan lembaga pengelola zakat melalui transparansi pelaporan keuangan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...