Economic Education Analysis Journal
Vol 8 No 1 (2019): Economic Education Analysis Journal

ANTESEDEN PENGGUNAAN LAYANAN ELECTRONIC BANKING DI KALANGAN MAHASISWA (SEBUAH KAJIAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL)

Arumi, Awalia (Unknown)
Yanto, Heri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh perceived of technology, perceived of risk, perceived of usefulness, subjective norm, perceived ease of use terhadap intention to use electronic banking. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2015, 2016 dan 2017 berjumlah 2.597 mahasiswa dan pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin sebanyak 347 mahasiswa. Teknik sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis jalur dengan software AMOS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada pengaruh positif dan signifikan perceived of usefulness, subjective norm, perceived ease of use terhadap intention to use (2) ada pengaruh positif dan signifikan subjective norm terhadap perceived of usefulness dan perceived ease of use (3) ada pengaruh positif dan signifikan perceived ease of use terhadap perceived of usefulness (4) ada pengaruh positif dan signifikan perceived of technology terhadap perceived of usefulness, subjective norm, dan perceived ease of use (5) ada pengaruh negatif dan signifikan perceived of risk terhadap perceived of usefulness dan subjective norm sedangkan perceived of risk tidak berpengaruh terhadap perceived ease of use. Saran dari penelitian ini untuk pihak bank adalah melakukan sosialisasi didalam kegiatan kampus sekaligus menjalin kerjasama dengan organisasi mahasiswa sehingga layanan atau produk keuangan khususnya electronic banking akan dikenal lebih luas oleh mahasiswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...