Economic Education Analysis Journal
Vol 8 No 1 (2019): Economic Education Analysis Journal

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, DISIPLIN BELAJAR, KOMPETENSI SOSIAL GURU, DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR

L, Eva Dwi (Unknown)
Muhsin, Muhsin (Unknown)
Rozi, Fahrur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui baik secara simultan maupun parsial apakah lingkungan keluarga, disiplin belajar, kompetensi sosial guru, dan kesiapan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Salatiga. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X, XI, dan XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran sebanyak 208 siswa dengan jumlah sample 137 siswa yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini adalah 1). Lingkungan keluarga, disiplin belajar, kompetensi sosial guru, dan kesiapan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa; 2). Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa; 3). Disiplin belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa; 4). kompetensi sosial guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah lingkungan keluarga, disiplin belajar, kompetensi sosial guru, dan kesiapan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa secara simultan. Sedangkan secara parsial lingkungan keluarga, disiplin belajar, dan kompetensi sosial guru berpengaruh terhadap motivasi belajar, dan kesiapan belajar tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...