Economic Education Analysis Journal
Vol 8 No 1 (2019): Economic Education Analysis Journal

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, CARA BELAJAR DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP KESIAPAN BELAJAR

Ma’shumah, Fitriatul (Unknown)
Muhsin, Muhsin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, cara belajar dan interaksi teman sebaya terhadap kesiapan belajar siswa pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Widya Praja Ungaran Tahun Ajaran 2017/2018 secara simultan dan parsial. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 198 siswa Pogram Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Widya Praja Ungaran dengan jumlah sampel sebanyak 132 siswa yang dihitung dengan rumus slovin. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar, disiplin belajar, cara belajar dan interaksi teman sebaya berpengaruh secara simultan terhadap kesiapan belajar sebesar 57,8%. Motivasi belajar berpengaruh secara parsial terhadap kesiapan belajar sebesar 5,198%. Disiplin belajar berpengaruh secara parsial terhadap kesiapan belajar sebesar 3,39%. Cara belajar berpengaruh secara parsial terhadap kesiapan belajar sebesar 4,12%. Interaksi teman sebaya berpengaruh secara parsial terhadap kesiapan belajar sebesar 4,58%. Simpulan penelitian ini adalah motivasi belajar, disiplin belajar, cara belajar dan interaksi teman sebaya berpengaruh terhadap kesiapan belajar secara simultan dan secara parsial.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...