Economic Education Analysis Journal
Vol 9 No 2 (2020): Economics Education Analysis Journal

Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Priani, Dwi Heny Siska (Unknown)
Ismiyati, Ismiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi guru, fasilitas belajar, dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 73 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu sampel jenuh sebanyak 73 responden. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian data diperoleh persamaan regresi berganda yang selajutnya disingkat dengan MBS = 9,855 + 0,438 (KG) + 0,620 (FB)+ 0,646 (LK) + e. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan variabel kompetensi guru, fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Variabel kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Variabel fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Variabel lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar siswa dapat dicapai dengan meningkatkan kompetensi guru, fasilitas belajar, dan lingkungan keluarga

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...