Economic Education Analysis Journal
Vol 8 No 3 (2019): Economics Education Analysis Journal

Pengaruh Kompetensi, Komitmen, Kinerja, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat

Dewi, Ana Solekhati (Unknown)
Muhsin, Muhsin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi, komitmen, kinerja, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pemohon KTP-el di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini sejumlah 1672 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling yaitu area random sampling sebanyak 152 responden. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif persentase. Hasil uji simultan menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan kompetensi, komitmen, kinerja, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Hasil uji parsial menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan masing-masing variabel yaitu kompetensi, komitmen, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Sedangkan untuk variabel kinerja berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kepuasan masyarakat dapat dicapai dengan meningkatkan kompetensi, komitmen, dan kualitas pelayanan di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...