Economic Education Analysis Journal
Vol 8 No 3 (2019): Economics Education Analysis Journal

Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Sekolah, dan Emosional Terhadap Kepuasan Peserta Didik

Haryanti, Ayuni Tri (Unknown)
Suryani, Nanik (Unknown)
Rozi, Fahrur (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan, citra sekolah, dan emosional terhadap kepuasan peserta didik kelas XI di SMK Taman Siswa Banjarnegara. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 237 peserta didik pada kelas XI di SMK Taman Siswa Banjarnegara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain kausalitas. Total sampel 149 peserta didik dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Secara simultan kualitas pelayanan, citra sekolah, dan emosional berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik kelas XI di SMK Taman Siswa Banjarnegara sebesar 65,9%. Kemudian berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik sebesar 6,25%, citra sekolah berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik sebesar 19,80%, dan emosional berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik sebesar 13,99%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...