Economic Education Analysis Journal
Vol 8 No 3 (2019): Economics Education Analysis Journal

Kepuasan Anggota Memediasi Kualitas Pelayanan dan Citra Koperasi Terhadap Partisipasi Anggota

Hayatiningrum, Dien Cahyani (Unknown)
Kardoyo, Kardoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra koperasi melalui kepuasan anggota terhadap partisipasi anggota KPRI Handayani Semarang. Populasi penelitian sejumlah 1709 dengan sampel 95 orang menggunakan proportional random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji t, uji jalur, dan uji sobel. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan sebesar 12,53% sedangkan citra koperasi berpengaruh sebesar 9,73% terhadap kepuasan anggota. Ada pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan sebesar 25,1%, dan pengaruh total sebesar 33,6%, Sedangkan citra koperasi sebesar 3,61% dan pengaruh total sebesar 11,13% terhadap partisipasi anggota. Ada pengaruh positif dan signifikan kepuasan anggota terhadap partisipasi anggota sebesar 5,81%. Saran yang diberikan untuk manajemen koperasi dengan kualitas pelayanan, citra dan kepuasan anggota yang sudah baik dapat ditingkatkan untuk mempertahankan partisipasi anggota sehingga anggota setia dalam penggunaan jasa yang telah disediakan oleh koperasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...