Economic Education Analysis Journal
Vol 8 No 3 (2019): Economics Education Analysis Journal

Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Keefektifan Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Intervening

Puspitasari, Winda (Unknown)
Asrori, Asrori (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi profesi guru dan keefektifan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru dengan efikasi diri sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi tahun angkatan 2014 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang sejumlah 164 mahasiswa. Sampel penelitian sejumlah 118 mahasiswa yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi, dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi profesi guru mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru; (2) keefektifan praktik pengalaman lapangan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru; (3) efikasi diri mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru; (4) persepsi profesi guru mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru melalui efikasi diri; (5) keefektifan praktik pengalaman lapangan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru melalui efikasi diri. Saran yang dapat diberikan antara lain, mahasiswa hendaknya mengembangkan pengetahuan dan aktif mencari informasi tentang profesi guru, mahasiswa dapat memanfaatkan program praktik pengalaman lapangan dengan baik dan maksimal agar memiliki keterampilan mengajar yang baik, serta mahasiswa dapat meningkatkan kepercayaan diri dengan kemampuan yang mereka miliki.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...