Economic Education Analysis Journal
Vol 9 No 1 (2020): Economics Education Analysis Journal

Kepercayaan Muzakki Pada Organisasi Pengelola Zakat: Studi Empiris Tentang Pengaruh Mediasi Akuntabilitas dan Transparansi

Ardini, Yusi (Unknown)
Asrori, Asrori (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh literasi amil terhadap kepercayaan muzakki pada Organisasi Pengelola Zakat baik secara langsung maupun melalui akuntabilitas OPZ dan transparansi pelaporan keuangan. Populasi penelitian ini adalah PNS di Dinas Kabupaten Tegal yang terdaftar menjadi muzakki di BAZ Kabupaten Tegal yakni sejumlah 1.346 PNS. Sampel pada penelitian ini sebanyak 308 PNS yang diambil menggunakan rumus Slovin dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi amil dan transparansi pelaporan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki pada Organisasi Pengelola Zakat. Akuntabilitas OPZ berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepercayaan muzakki pada Organisasi Pengelola Zakat. Literasi amil berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki pada OPZ melalui transparansi pelaporan keuangan. Literasi amil berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepercayaan muzakki pada OPZ melalui akuntabilitas OPZ. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa literasi amil berpengaruh terhadap kepercayaan muzakki pada OPZ baik secara langsung maupun tidak langsung melalui transparansi pelaporan keuangan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...