Economic Education Analysis Journal
Vol 9 No 2 (2020): Economics Education Analysis Journal

Analisis Efektivitas Kebijakan Subsidi Pupuk Pada Petani Padi

Kholis, Ikmal (Unknown)
Setiaji, Khasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2020

Abstract

Kebijakan subsidi pupuk bertujuan untuk mendukung sektor pertanian dengan memberikan subsidi input melalui penetapan HET pupuk subsidi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas kebijakan subsidi pupuk pada petani padi di Kabupaten Batang menggunakan enam indikator ketepatan subsidi pupuk. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitin ini adalah petani padi di Kabupaten Batang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling dengan metode Two-Stage Cluster Sampling dimana pengambilan sampel dilakukan dalam dua tahap. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif untuk mengukur efektivitas kebijakan subsidi pupuk dengan menggunakan enam indikator ketepatan pupuk subsidi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan subsidi pupuk pada petani padi di Kabupaten Batang berdasarkan enam indikator tepat masih dikategorikan tidak efektif. Hal ini dikarenakan dari segi indikator tepat harga, tepat jumlah, tepat tempat, serta tepat mutu belum terpenuhi. Sedangkan dari indikator tepat jenis dan tepat waktu sudah terpenuhi. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: Pemerintah terkait harus memperbaiki mekanisme penyaluran subsidi pupuk serta meningkatkan pengawasan pada proses penyaluran pupuk subsidi kepada petani agar indikator-indikator efektivitas kebijakan subsidi pupuk terpenuhi sehingga proses produksi padi dapat maksimal. Perbaikan dan pengawasan terutama pada indikator harga, jumlah, tempat, serta mutu pupuk subsidi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...