Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.Penulis melakukan studi pendahuluan dibuktikan dengan dokumentasi kepada lima ibu-ibu balita, tiga dari ibu mengatakan bahwa anaknya tidak perlu dimasukkan ke pendidikan anak usia dini karena masih terlalu kecil, dua orang ibu mengatakan bahwa anaknya disekolahkan PAUD anaknya menjadi lebih mudah bergaul dengan teman sebayanya.Jumlah keseluruhan populasi 56 orang dan jumlah keseluruhan sampel yang akan diambil adalah 24 ibu dengan anak balita di PAUD dan 21 ibu dengan anak balita diposyandu. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif desain survei, dengan pendekatan waktu cross sectional yaitu penelitian yang dilakukan satu kali pengamatan saja.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gambaran pengetahuan ibu dengan anak Balita tentang Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Bulakrejo Kabupaten Sukoharjo yaitu : 1. Berpengetahuan baik sebesar 22 %. 2. Berpengetahuan cukup sebesar 62 %. 3. Berpengetahuan kurang sebesar 16 %.  Kata Kunci : PAUD, Ibu Balita, PengetahuanÂ
Copyrights © 2015