Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 07 Bombana berjumlah 50 siswa. Sampel diambil menggunakan teknis sampling jenuh atau sensus dengan jumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket, wawancara (interview) dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa, berdasarkan hasil analisi regresi linear sederhana diperoleh persamaan hubungan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 07 Bombana yaitu Y = 4,254 + 0,80X. Persamaan ini menunjukan adanya pengaruh yang cukup kuat antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,80 atau nilai b adalah positif. Dari hasil analisis product moment didapatkan nilai r = 0,2304. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat atara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 07 Bombana sebesar 0,2304.Besarnya hubungan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 07 Bombana ditunjukkan dengan hasil koefien determinasi (penentu) sebesar 23,04%. Hasil ini menunjukkan bahwa motivasi belajar sebesar 23,04% dipengaruhi oleh gaya mengajar guru.
Copyrights © 2021