Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 9, Nomor 2, Mei 2021

Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (Outdoor) pada Siswa Kelas VII.7 SMP Negeri 17 Baubau Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

La Djufri (SMP Negeri 17 Baubau)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Contextual Teaching Learning (outdoor) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada kelas VII.7 SMP Negeri 17 Baubau. Sedangkan tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Contextual Teaching Learning (outdoor) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada kelas VII.7 SMP Negeri 17 Baubau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.7 SMP Negeri 17 Baubau yang terdiri atas 22 siswa. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil tes pada siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, terdapat peningkatan dari pra siklus meski belum signifikan dari nilai rata-rata UH 79 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 80%. Siklus II menunjukkan prestasi belajar siswa yang semakin meningkat dari pra siklus maupun Siklus I yakni nilai rata-rata UH 88,6 dengan ketuntasan klasikalnya 100%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (outdoor) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada kelas VII.7 SMP Negeri 17 Baubau.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...