Kesulitan dalam belajar merupakan kesulitan yang selalu dialami oleh siswa dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Kesulitan dalam membuat paragraf seringkali menjadi masalah yang dialami oleh siswa setiap pembelajaran Bahasa Indonesia. Paragraf adalah salah satu materi yang ada di dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Kesulitan yang dialami siswa dalam materi paragraf diantaranya adalah kesulitan dalam menentukan ide pokok. Kesulitan dalam menentukan ide pokok menjadi masalah cukup serius yang dialami oleh siswa di SD kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kesulitan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf di kelas V SD N 2 Dukuhwaluh (2) Mengetahui faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menentukan ide pokok paragraf. Penelitian ini adalah penelitian deksriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisis data dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan dua siswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan ide pokok di kelas V SD N 2 Dukuhwaluh. Kesulitan dalam menentukan letak ide pokok paragraf dan kesulitan dalamĀ  menulis ide pokok paragraf. Penelitian ini sangat berguna untuk mengetahui permasalahan yang terjadi setiap tahun di Sekolah Dasar kelas V.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021