Kegiatan belajar yang tidak sesuai dengan gaya belajar siswa, dapat membawa dampak negatif bagi proses belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan pola preferensi gaya belajar siswa, dan (2) memberikan rekomendasi kegiatan belajar yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner VARK 8.01 yang dimodifikasi agar sesuai untuk siswa sekolah dasar. Responden penelitian adalah 21 siswa kelas III yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beragam pola gaya belajar siswa, dengan 10 siswa bergaya belajar dominan visual [V], 5 siswa bergaya belajar dominan auditori [A], 1 siswa bergaya belajar dominan read/write [R], dan 1 siswa bergaya belajar dominan kinestetik [K]. Kelas III SD Pius Bakti Utama Kutoarjo didominasi siswa yang menyukai kegiatan belajar dengan melibatkan unsur penglihatan, seperti melihat gambar atau suatu tindakan. Meskipun demikian, guru perlu memfasilitasi seluruh gaya belajar siswa, dengan merancang kegiatan belajar yang sesuai dengan karakteristik gaya belajar visual, auditori, read/write, dan kinestetik. Kegiatan yang memfasilitasi seluruh gaya belajar dapat diterapkan pada pembelajaran tematik integratif.
Copyrights © 2021