Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 3 No. 01 (2021): Agustus

Pola Asuh Orang Tua Militer dalam Meningkatkan Kemandirian Anak

Alfina Bakti P (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Ika Fitri Apriani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya asumsi mengenai orang tua siswa yang bertugas di bagian militer selalu menerapkan pola asuh otoriter kepada anak-anaknya dalam upaya membentuk karakter anak, khususnya dalam aspek kemandirian. Tujuan penelitian ini hadir untuk mengetahui pola asuh orang tua militer dalam upaya meningkatkan kemandirian anak. Penelitian ini menggunakan studi deskripstif dan subjek terdiri dari dua keluarga militer di Batalyon Artileri Medan 10. Hasil menunjukkan bahwa keluarga militer menerapkan pola asuh demokratis semi otoriter dalam upaya meningkatkan kemandirian anak. Pemodifikasian pola asuh otoriter dan demokratis yang diterapkan oleh kedua orang tua responden, dipengaruhi oleh latar belakang historis dan habits yang dimiliki berbeda. Terdapat beberapa hambatan penanaman pola asuh yang dialami kedua orang tua responden dalam upaya meningkatkan kemandirian anak, diantaranya sikap manja dan malas dalam diri anak, intensitas waktu yang dimiliki kedua serta miskomunikasi antara orang tua dan anak. Melalui pola asuh demokratis semi otoriter yang diterapkan kedua orang tua responden, memberikan dampak terhadap perkembangan kemandirian anak. Hal ini dibuktikan dengan tingkat kemandirian anak pada beberapa indikator, seperti percaya diri, mampu bekerja sendiri, menghargai waktu, bertanggung jawab, memiliki hasrat untuk maju, dan mampu mengambil keputusan sendiri, berada pada ranah yang baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...