Journal for Lesson and Learning Studies
Vol 3, No 2 (2020): July

Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Bahasa Indonesia

sari, Devi Karuna (Unknown)
Ganing, Ni Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model think talk write berbantuan media gambar dapat memberikan pengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan percobaan yang terencana menggunakan design eksperimen semu atau non-equivalent control group design. Pada penelitian ini mengambil populasi semua siswa kelas IV SD sejumlah 368 siswa. Sampel ditentukan dengan mengacak kelas atau teknik random sampling. Sampel yang diperoleh pada penelitian ini yaitu sebanyak 78 siswa. Cara mengumpulkan data kompetensi pengetahuan siswa dilakukan dengan lembar teknik test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai pretest dan posttest menggunakan uji-t. Diperoleh nilai thitung = 2,883 > ttabel=1,992 dengan dk = 76 dan taraf signfikansi 5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model think talk write berbantuan media gambar terhadap kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...