Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan penyampaian mata pelajaran IPS yang mulanya disampaikan dengan mata pelajaran berubah menjadi tematik, sehingga perlu dilaksanakan analisis terhadap buku ajar tematik Kemendikbud di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis buku ajar tematik pada mata pelajaran IPS Kurikulum 2013 di sekolah dasar. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah analisis buku ajar tematik terbitan kemendikbud di sekolah dasar Kemendikbud di sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan studi kepustakaan. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ruang ligkup IPS yang disampaikan dalam buku ajar tematik di sekolah dasar Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud pada tema 1 ruang lingkupnya adalah geografi, tema 2 ruang lingkupnya adalah ekonomi, tema 3 ruang lingkupnya adalah sosiologi, tema 4 ruang lingkupnya sosiologi dan tema 5 ruang lingkupnya adalah geografi. Simpulan dari penelitian ini adalah mata pelajaran IPS dalam buku ajar tematik di sekolah dasar Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud mencakup geografi, ekonomi dan sosiologi. Implikasi penelitian ini adalah menambah wawasan mengenai materi buku ajar tematik mengenai materi IPS.
Copyrights © 2020