Journal for Lesson and Learning Studies
Vol 3, No 3 (2020): October

Analisis Materi Pembelajaran IPS Pada Buku Ajar Tematik Terbitan Kemendikbud di Sekolah Dasar

Cahyaningrum, Nur (Unknown)
Priyanto, Wawan (Unknown)
Rofian, Rofian (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan penyampaian mata pelajaran IPS yang mulanya disampaikan dengan mata pelajaran berubah menjadi tematik, sehingga perlu dilaksanakan analisis terhadap buku ajar tematik Kemendikbud di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis buku ajar tematik pada mata pelajaran IPS Kurikulum 2013 di sekolah dasar. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah analisis buku ajar tematik terbitan kemendikbud di sekolah dasar Kemendikbud di sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan studi kepustakaan. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ruang ligkup IPS yang disampaikan dalam buku ajar tematik di sekolah dasar Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud pada tema 1 ruang lingkupnya adalah geografi, tema 2 ruang lingkupnya adalah ekonomi, tema 3 ruang lingkupnya adalah sosiologi, tema 4 ruang lingkupnya sosiologi dan tema 5 ruang lingkupnya adalah geografi. Simpulan dari penelitian ini adalah mata pelajaran IPS dalam buku ajar tematik di sekolah dasar Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud mencakup geografi, ekonomi dan sosiologi. Implikasi penelitian ini adalah menambah wawasan mengenai materi buku ajar tematik mengenai materi IPS.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...