Jurnal Bisnis Hospitaliti
Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Bisnis Hospitaliti

IMPLIKASI MOTIVASI DAN PERSEPSI WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA (STUDI KASUS : OKA AGROWISATA BANGLI)

Ni Made Tirtawati (Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2014

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kecenderungan baru perilaku wisatawan untuk memperoleh pengalaman wisata yang berkualitas dan lebih menghargai lingkungan (back to nature), yang telah memberi peluang yang besar bagi pengembangan wisata minat khusus seperti agrowisata. Dalam pengembangan Oka agrowisata di Desa Penglumbaran Kabupaten Bangli memerlukan data dasar yang dapat dijadikan dasar pijakan perencanaan produk ke depan dari perspektif motivasi dan persepsi wisatawan sebagai konsumen. Hasil penelitian ini dapat diidentifikasi bahwa motivasi kunjungan wisatawanmancanegara yang datang ke Oka agrowisata meliputi motivasi budaya, motivasi fisik, dan motivasi status dan martabat. Wisatawan mancanegara memiliki persepsi yang positif terhadap tujuh aspek daya tarik yang dimiliki oleh Oka agrowisata.Pengembangan Oka agrowisata ke depan harus mengedepankan program pengembangan yang berpihak pada alam, budaya dan masyarakat lokal, sehingga dapat berkelanjutan (sustainable) dengan memperhatikan potensi yang dimiliki dan keinginan pasar.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jbh

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal is dedicated to the dissemination of research on the exploration and optimization of the hospitality business. Firstly published in 2012, this journal invites contribution from scholars around the world for the following interdisciplinary scope: Hospitality management Marketing ...