Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis deskriptif pada peserta didik kelas VII A SMP N 10 Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang terdiri dai 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini dalah peserta didik kelas VII A SMP N 10 Madiun dengan jumlah 32 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2018/2019 di semester II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk menilai keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dan tes dalam menilai keterampilan menulis deskriptif melalui model pembelajaran think talk write. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yaitu menyajikan laporan penelitian dengan menggunakan tabel, grafik dan penjelasan.Hasil penelitian menunjukkan : 1) Ada peningkatan keterampilan menulis deskriptif pada peserta didik kelas VII A SMP N 10 Madiun melalui penerapan model pembelajaran think talk write. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata yang semula 73,75 pada siklus I menjadi 85,63 pada siklus II sehingga hal ini berpengaruh pada ketuntasan dalam pembelajaran yaitu yang semula 59,38% menjadi 91% pada siklus II. 2) Ada peningkatan keaktifan peserta didik pada pembelajaran menulis deskriptif bahasa Inggris di kelas VII A SMP N 10 Madiun melalui penerapan model pembelajaran think talk write. Hasil penilaian keaktifan peserta didik diperoleh nilai rata-rata pada siklus I 72,44 meningkat menjadi 82,03 pada siklus II.
Copyrights © 2021