Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS)
Vol 4, No 3 (2020): JMMS - JURNAL MANAJEMAN MANDIRI SABURAI

Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak (Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak) Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung

Yuliana Yamin (Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai)
Sodirin Sodirin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan jenis data primer dan data skunder dengan teknik wawancara, observasi dan angket. Dengan menggunakan sensus responden yang digunakan adalah sampel yang berjumlah 50 orang. Metode yang digunakan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung. Agar kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan lebih baik, disarankan Pimpinan dapat meningkatkan pengawasan dan konseling kualitas pelayanan untuk mencegah terjadinya penurunan kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmms

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

The journal focused on primary studies at management, economic, marketing, and initiated the development of global economic advantages. Based economics could not be seen as independent variable standing on side-by-side with conventional economic system. JMMS Journal of mangement, economic and ...