Jurnal Health Reproductive
Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Health Reproductive

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT II PROGRAM STUDI D-III KEBIDANAN STIKes RS Haji Medan TAHUN 2018

Nugraeny, Lolita (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2019

Abstract

Strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar adalah strategi Think Talk Write (TTW). Pembelajaran Think-Talk-Write dimulai dari siswa memikirkan suatu tugas kemudian diikuti dengan mengkomunikasikan hasil pemikirannya dan akhirnya melalui diskusi siswa dapat menuliskan kembali hasil pemikiran tersebut. Jenis penelitian ini bersifat Quasi Eksperimen dengan desain posttest-only control design. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa tingkat II Prodi D III Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan RS Haji Medan. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dengan jumlah sampel 62 orang yang terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis dengan Independent sampel t-test diperoleh perbedaan skor rata-rata motivasi mahasiswa pada kedua kelompok kelas. Pada kelas perlakuan diperoleh skor sebesar 52,61 dengan standar deviasi 5,19, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor sebesar 46,16 dengan standar deviasi 5,07 dengan harga t-hitung 4,947. Simpulan penelitian ini ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) motivasi belajar mahasiswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JRH

Publisher

Subject

Description

Jurnal Health Reproductive merupakan salah satu wadah bagi peneliti, dosen dan mahasiswa untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian. Jurnal ini berisikan artikel terkait tentang kesehatan reproduksi perempuan sepanjang siklus kehidupan dengan kaidah-kaidah penulisan yang baik dan benar. ...