Unisaedu : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 5 No 4 (2021): UNISAedu Vol. 5 No. 4 2021

Peningkatan Kompetensi Kepribadian Dan Sosial Guru SDN 2 Ciptaharja Melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dengan Indikator Penilaian Kinerja Guru

SYARIF HIDAYAT (SDN 2 Ciptaharja Cipatat Bandung Barat)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik berdasarkan tiga aspek kegiatan supervisi akademik dan dimensi kualitas pembelajaran dari mulai perencanaan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik, Evaluasi supervisi akademik atau tindak lanjut. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Ciptaharja Cipatat dari bulan Oktober 2018 sampai bulan September 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah. Yang menjadi sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik sudah cukup optimal. Namun, dalam perencanaan supervisi akademik hanya dilakukan satu kali dalam satu tahun ajaran, kemudian kurikulum 2013 belum diterapkan secara merata pada setiap jenjang kelas. Saran dalam hal ini kepala sekolah melakukan pelaksanaan rapat perencanaan supervisi akademik pada setiap semester, pelaksanan supervisi akademik dilakukan tiga bulan sekali ataupun minimal satu kali dalam satu semester, memfasilitasi guru dalam upaya meningkatkan profesionalisme.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

unisaedu

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal UNISAedu [p-ISSN 2549-1563 adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal UNISAedu ini menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup Ilmu Pendidikan. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi ...