Unisaedu : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 5 No 4 (2021): UNISAedu Vol. 5 No. 4 2021

Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Melalui Teks Berita Menggunakan Metode Stad Pada Siswa

SAYOGA (SMA Negeri 3 Tambun Selatan)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2021

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan model investigasi kelompok lebih efektif digunakan pada peserta didik bergaya belajar sensing (2) Pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan model kreatif-produktif lebih efektif digunakan pada peserta didik bergaya belajar intuition.(3) pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan model investigasi kelompok lebih efektif daripada model kreatif-produktif berdasarkan gaya belajar peserta didik. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) pendidik bahasa Indonesia hendaknya menerapkan model pembelajaran investigasi kelompok pada peserta didik bergaya belajar sensing dan model kreatif-produktif pada siswa bergaya belajar intuition pada pembelajaran menulis teks eksplanasi (2) pendidik hendaknya kreatif dan inovatif dalam menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik agar lebih termotivasi untuk aktif dan kreatif sehingga proses pembelajaran lebihmenyenangkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

unisaedu

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal UNISAedu [p-ISSN 2549-1563 adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal UNISAedu ini menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup Ilmu Pendidikan. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi ...