Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 19, No 2 (2021)

Identitas Keindonesiaan dalam Pidato Soekarno pada 1 Juni 1945

Anang Sujoko (Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Brawijaya Jl. Veteran Malang 1, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia)
Fidelis Anggiornamento Saintio (Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Brawijaya Jl. Veteran Malang 1, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia)
Dicky Wahyudi (Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Brawijaya Jl. Veteran Malang 1, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2021

Abstract

Kolonialisme menghilangkan jati diri dan kepribadian Indonesia, karena penjajahan identik dengan hegemoni kebudayaan dan pemikiran stereotip. Untuk melawan praktik ini, Soekarno telah merintis pemikiran yang menonjolkan identitas bangsa Indonesia. Kristalisasi pemikiran ini tertuang dalam pidato 1 Juni 1945. Tujuan dari penelitian untuk membongkar third space of communication pidato Soekarno dalam membangun identitas bangsa Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis hermeneutika untuk mengetahui usaha apa yang dilakukan oleh Soekarno untuk menemukan identitas bangsa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pidato 1 Juni 1945 adalah ruang komunikasi bersama untuk memfasilitasi nilai-nilai dan kebudayaan yang berbeda di Indonesia. Pertemuan nilai dan kebudayaan tersebut pada akhirnya berujung pada penemuan identitas bangsa dan narasi untuk melawan hegemoni kolonialisme. Penelitian ini berkontribusi pada pengayaan konsep third space of communication sebagai kajian Ilmu Komunikasi pada fenomena komunikasi di Indonesia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...