Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 9, No 3 (2021): SEPTEMBER 2021

PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI CANVA MATERI BANGUN RUANG LIMAS

Ani Rohma (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Jawa Timur)
Ummu Sholihah (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

AbstractThe purpose of this study is to determine the validity, practicality, and effectiveness of audio-visual media based on the canva application for pyramids in VIII grade SMP Islam Al Azhaar Tulungagung with 27 students. The approach used in this study is RD with ADDIE steps; Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collection method used is a questionnaire and test. The results of the material expert validation were 3.40 (good criteria) and the media expert validation 3.50 (very good criteria). So that it can be categorized as a criteria. The practicality test of students with an average of 89.25 of the criteria is very practical. Based on the percentage of students’ effectiveness of 92.59% the criteria is very good. Based on the validation process, practicality, and effectiveness test of audio-visual media based on the canva application the pyramid material is valid, practical, and effective. The developed media can increase students’ learning motivation. So it can be used to support the implementation of direct or online learning for VIII grade Junior High School.Keywords: audio visual; canva apps; media development; pyramid AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan efektifitas media audio visual berbasis aplikasi canva materi bangun ruang limas. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 27 siswa kelas VIII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Jenis penelitian adalah RD dengan langkah-langkah ADDIE ; Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil uji validitas ahli materi diperoleh skor 3,40 (kriteria baik) dan skor dari ahli media 3,50 (kriteria sangat baik), sehingga media yang dikembangkan berada pada kriteria valid. Hasil uji kepraktisan siswa diperoleh rata-rata 89,25 kriteria sangat praktis. Hasil presentase efektifitas siswa sebesar 92,59% kriteria sangat baik. Berdasarkan proses validasi, uji kepraktisan dan uji efektifitas media audio visual berbasis aplikasi canva materi bangun ruang limas dinyatakan valid, praktis dan efektif. Media yang dikembangkan dapat memberikan motivasi belajar siswa, sehingga layak digunakan untuk mendukung terlaksananya pembelajaran baik secara tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh atau daring bagi peserta didik kelas VIII SMP/MTs.Kata Kunci: aplikasi canva; audio visual; limas; pengembangan media  DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp292-306

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...