Sumba Journal of Research and Mathematics Education
Vol. 3 No. 1 (2021)

TRANSPOSISI DIDAKTIS DALAM MENGATASI KECEMASAN MATEMATIS SISWA (DIDACTIC TRANSPOTION IN OVERCOMING STUDENTS’ MATHEMATICAL ANXIETY)

Nofriani Mori Uma (Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Weetebula)
Ahmad Muzaki (Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Weetebula)
Samuel Rex M. Making (Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2021

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini, untuk mendeskripsikan bentuk pemanfaatan transposisi didaktis sebagai sarana belajar siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian studi literatur. Artinya, penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan mengumpulkan sejumlah jurnal dan skripsi yang berkenaan dengan masalah dan tujuan penelitian, dengan pendekatan kepustakaan.Sumber data penelitian yaitu jurnal dan skripsi yang terkait dengan konsep yang diteliti, teknik analisis data menggunakan teknik analisis atau content analisis dilakukan proses memilih, membandingkan, menggabungkan dan memilah berbagai pengertian hingga ditemukan yang relevan.Berdasarkan hasil penelitian studi literatur dari ke lima belas jurnal dan skripsi yang relevan dengan judul, menyatakan bahwa pemanfaatan transposisi didaktis sebagai sarana belajar siswa pada masa pembelajaran berhasil digunakan dalam pembelajaran matematika, karena dengan menggunakan transposisi didaktis dapat mengurangi kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika sehingga siswa lebih banyak aktif dan cepat memahami apa yang disampaikan oleh guru.Kata kunci: Pemanfaatan Transposisi Didaktis

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppms

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan ...