Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI)
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI) Vol.1 No.1, Mei 2019

PENGARUH PROMOSI, KEPERCAYAAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KOTA BANDA ACEH

Akhyar Tarvi (Universitas Syiah Kuala)
Sartiyah Sartiyah (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2020

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of promotion, trust and religiosity on public perception of Murabaha financing in Islamic banks in the city of Banda Aceh. This research uses primary data and secondary data. The population is 110,184 people of Banda Aceh City and the sample is determined using the Slovin formula of 100 people. Primary data from the sample were obtained by interview using a questionnaire. Secondary data is obtained from relevant institutions, namely the Central Statistics Agency (BPS). The model used is multiple linear regression. The results showed that promotion, trust and religiosity simultaneously affected people's perceptions in Murabaha financing. Partially and promotion and religiosity have a positive effect while a trust does not have an effect on people's perceptions of Murabaha financing in Banda Aceh City.Keywords: Promotion, trust, religiosity, perception, murabaha                                                    Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi, kepercayaan dan religiusitas terhadap persepsi masyarakat pada pembiyaan murabahah pada bank syariah di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Populasi adalah penduduk Kota Banda Aceh sebanyak 110.184 orang dan sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin sebesar 100 orang. Data primer dari sampel diperoleh dengan wawancara mengunakan kuesioner. Data sekunder didapat dari lembaga terkait yaitu Badan Pusat Statistik (BPS). Model yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi, kepercayaan dan religiusitas secara simultan berpengaruh terhadap persepsi masyarakat dalam pembiayaan murabahah. Secara parsial dan promosi dan religiusitas berpengaruh positif sedangkan kepercayaan tidak berpengaruh terhadap persepsi masyarakat pada pembiayaan murabahah di Kota Banda Aceh.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EKI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI)) merupakan jurnal ilmiah dwi tahunan bidang Ekonomi Islam yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh bekerjasama dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI), DPW Aceh sejak ...