Journal for Lesson and Learning Studies
Vol 4, No 2 (2021): July

Mengenal Pecahan dengan Modul Matematika

Wangi, Ni Nengah Sekar (Unknown)
Japa, I Gusti Ngurah (Unknown)
Renda, Ndara Tanggu (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2021

Abstract

Kurangnya buku ajar untuk menyajikan pengajaran matematika yang efektif terutama pada pelajaran matematika dan belum ada pengembangan bahan ajar yang membantu siswa untuk belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan menghasilkan modul Matematika yang sudah teruji validitasnya pada materi pecahan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 1 ahli media pembelajaran, 1 ahli materi pembelajaran, dan 1 praktisi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode pencatatan dokumen berupa angket/kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini dinyatakan sangat valid dengan uji yang dilakukan kepada ahli media pembelajaran, materi matematika dan praktisi. Berdasarkan penilaian yang disebarkan, diperoleh hasil 93,3% dari uji ahli media pembelajaran, 92,3% uji ahli materi matematika, dan 96% uji praktisi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Modul matematika materi pecahan ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...