Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV)
Vol 2 No 4 (2021): Volume 2 No.4 Tahun 2021

Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Deskriptif Lisan Dan Tulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Dengan Pembelajaran Model Elaborasi (EB) Siswa Kelas X RPL A SMK Negeri 1 Jenangan

Enni Nurtyaswati, S.Pd. (SMK Negeri 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2021

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa keterampilan siswa untuk dalam bidang Bahasa Inggris sangat rendah, yakni hanya 55,26% dari jumlah siswa dinyatakan tuntas belajar dan nilai rerata yang dicapai hanya 58,68. Hal semacam ini jika dibiarkan, maka akan membawa dampak yang fatal. Peneliti menganggap masalah tersebut merupakan sesuatu yang urgen. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan model pembelajaran Elaborasi. Apabila guru menerapkan model pembelajaran Elaborasi diharapkan minimal 75% dari jumlah siswa terampil dalam Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 3 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 45 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal melalui metode Elaborasi Siswa Kelas X RPL A SMK Negeri 1 Jenangan Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan Model Pembelajaran Elaborasi dalam meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris materi ajar Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) mulai dari siklus pertama sampai siklus terakhir, yakni : pada siklus I 72,11; siklus II 77,37; dan siklus III 81,05. Selain ditandai adanya peningkatan mean skor juga ditandai adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu siklus I 68,42%, siklus II 78,95%, siklus III mencapai 92,11%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPV

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV) dikelola dan diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun untuk mempublikasikan karya ilmiah dibidang pendidikan dan pembelajaran demi terwujudnya pendidikan yang maju yang mampu menjawab tuntutan dan perkembangan ...