Abstrak: Sentra balok merupakan sentra yang disediakan bagi pendidikan anak usia dini. Pada zona balok tersedia beragam jenis dan ukuran yang disertai aksesoris pendukung alat main peran. Â Melalui sentra balok anak-anak belajar mengenal bentuk, ukuran, konsep ruang, klasfikasi, team work, mengembangkan imajinasi, dan menghargai pendapat orang lain. Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan pembelajaran sentra balok anak usia 5-6 tahun. Dalam pelaksanaan pembelajaran sentra balok ketika anak bermain balok guru memberikan motivasi dan bantuan pada anak yang membutuhkan serta melakukan penilaian. Evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian berupa hasil karya anak. Dalam kajian ini penulis menggunakan metode literatur dengan serangkaian kegiatan pengumpulan data pustaka, buku-buku, serta tulisan yang terkait dengan judul penelitian. Selain itu, sentra balok juga dapat mengoptimalkan daya fikir, daya cipta, dan kreaktifitas serta mampu mengembangkan daya imajinasi. Dalam sentra balok terdapat 4 (empat) pijakan, yaitu : 1) pijakan lingkungan sebelum main, 2) pijakan sebelum main, 3) pijakan saat main, 4) pijakan sesudah main. Hasil Pembelajaran sentra balok aktifitas anak dapat meningkatkan 6 aspek yakni nilai agama moral, fisk motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa dan seni.Kata Kunci: Pembelajaran, Sentra Balok, Anak Usia Dini
Copyrights © 2021