Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains
Vol 1 No 2 (2020): Agustus

PENGARUH TEKNIK PENILAIAN dan METODE BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN METAKOGNISI BIOLOGI (Eksperimen pada SMA Negeri di Kota Bekasi)

Ahmad Fauzan (Mahasiswa Fakultas Pascasarjana Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh teknik penilaian dan metode belajar terhadap pemahaman metakognisi biologi. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1)Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap kemampuan metakognisi biologi. 2)Terdapat pengaruh yang signifikan teknik penilaian terhadap kemampuan metakognisi biologi. 3)Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara teknik penilaian dan metode pembelajaran terhadap kemampuan metakognisi biologi. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas X SMA Negeri di Kota Bekasi dengan besar sampel sebanyak 80 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes pemahaman metakognisi bentuk essay sebanyak 10 soal yang telah diuji homogenitasnya dengan besar χ2hitung<χtabel (4,46 < 7,81). Analisis data menggunakan analysis of varians (ANOVA) dua jalur atau arah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap kemampuan metakognisi biologi hal tersebut dibuktikan dengan Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh 27,715. 2)Terdapat pengaruh yang signifikan teknik penilaian terhadap kemampuan metakognisi biologi hal tersebut dibuktikan dengan Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh 17,478. 3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara teknik penilaian dan metode pembelajaran terhadap kemampuan metakognisi biologi hal tersebut dibuktikan dengan Sig. 0,048 < 0,05 dan Fh 4,052. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan penilaian sehingga mampu untuk mengoptimalisasi pemahaman metakognisi biologi di tingkat SMA. Kata kunci: metakognisi, protista, teknik penilaian, metode belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPS

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains (JIPS) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa dan peneliti dalam bidang Sains dan di bidang pendidikan Kimia, Fisika dan Biologi. Semua manuskrip yang dikirimkan akan dikenakan proses review setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh oleh ...