Abstrak: Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh teknik penilaian dan metode belajar terhadap pemahaman metakognisi biologi. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1)Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap kemampuan metakognisi biologi. 2)Terdapat pengaruh yang signifikan teknik penilaian terhadap kemampuan metakognisi biologi. 3)Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara teknik penilaian dan metode pembelajaran terhadap kemampuan metakognisi biologi. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas X SMA Negeri di Kota Bekasi dengan besar sampel sebanyak 80 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes pemahaman metakognisi bentuk essay sebanyak 10 soal yang telah diuji homogenitasnya dengan besar χ2hitung<χtabel (4,46 < 7,81). Analisis data menggunakan analysis of varians (ANOVA) dua jalur atau arah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap kemampuan metakognisi biologi hal tersebut dibuktikan dengan Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh 27,715. 2)Terdapat pengaruh yang signifikan teknik penilaian terhadap kemampuan metakognisi biologi hal tersebut dibuktikan dengan Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh 17,478. 3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara teknik penilaian dan metode pembelajaran terhadap kemampuan metakognisi biologi hal tersebut dibuktikan dengan Sig. 0,048 < 0,05 dan Fh 4,052. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan penilaian sehingga mampu untuk mengoptimalisasi pemahaman metakognisi biologi di tingkat SMA. Kata kunci: metakognisi, protista, teknik penilaian, metode belajar.
Copyrights © 2020